twitter
googleplus
facebook
Powered by Blogger.

Thursday, May 2, 2013

Pesawat Komersil Bermesin Jet Pertama

Rizki-techno - Pada 61 tahun lalu, pesawat komersil bermesin jet pertama di dunia, De Havilland Comet 1, memulai layananpenerbangan dari London (Inggris) menuju Johannesburg (Afrika Selatan).

Menurut stasiun televisi BBC, para penonton bersorak saat pesawat dengan mesin BOAC Comet G-ALYP itu lepas landas dari bandar udara London pukul 15.12 waktu setempat dengan membawa 36 penumpang.

Debut Comet 1 itu menandakan dimulainya era penerbangankomersil dengan menggunakan mesin jet sekaligus merupakan pencapaian inovasi teknologi Inggris.

Penerbangan dari London menuju Johannesburg itu berjarak hampir 7.000 mil dengan waktu tempuh 23 jam 40 menit. Selama penerbangan, pesawat Comet 1 singgah di lima kota, yaitu Roma, Beirut, Khartoum, Entebbe, dan Livingstone.

Selama setahun pertama melayani penerbangan komersil, Comets membawa 30.000 penumpang. Ini termasuk sejumlah tokoh terpandang, yaitu Ratu Elizabeth II beserta ibunya dan adiknya, Puteri Margaret.

Hingga beberapa dekade berikut, Comet diproduksi dalam beberapa seri. Namun, setelah pesawat-pesawatnya mengalami kecelakaan fatal, Comet mengakhiri produksi pada 14 Maret 1997, dengan seri terakhir Comet 4C XS235.
sumber:http://dunia.news.viva.co.id/news/read/409674-2-5-1952--pesawat-komersil-bermesin-jet-pertama
  • Title : Pesawat Komersil Bermesin Jet Pertama
  • Labels :
  • Author :
  • Rating: 100% based on 10 ratings. 5 user reviews.
  • 0 komentar:

    Post a Comment

    [ Dofollow Blog ]

    Hargai penulis dengan cara memberikan komentar di artikel ini ya sobat.
    Dan berkomentarlah dengan kata-kata yang sopan.

    Thanks

    Admin